UTS dengan media Online, merupakan hal yang jarang tapi asyik juga.
UTS secara online ini merupakan salah satu pengaplikasian teori pedagogi secara langsung. Dalam Pedagogi Modern juga dikatakan bahwa anak juga aktif dalam mengembangkan kemampuannya. Jadi dalam UTS tersebut mahasiswa dituntut agar aktif mencari dan mengerjakan soal yang diberikan.
Kalau berdasarkan saya sendiri, saya mempunyai 2 teori utama yanag diambil dari Psikologi Pendidikan, yang pertama mengenai Teori Learner-Centered, dan kedua mengenai Psikologi Pendidikan dan Media Pembelajaran, yang membahas mengenai hubungan teknologi dan pendidikan. Dalam UTS tersebut, metode yang digunakan adalah metode Learner-Centered. Alasannya, Mahasiswa menjadi pusat dalam metode tersebut, sedangkan Dosen Pengampu menjadi fasilitator. Jadi, kesimpulannya mahasiswa menjadi aktif, karena diberi kebebasan mengerjakan soal itu dengan ide sendiri. Kalau Berdasarkan metode Media Pembelajaran, UTS tersebut selain sebagai ujian, memiliki peran juga dalam mengembangkan pemahaman seseorang akan media pembelajaran, dalam hal ini Internet. Di Sumatera Utara senidir, masih jarang UTS menggunakan media online, biasa Face-To-Face. Jadi dengan hal ini, mahasiswa seperti kita ditambah wawasan, khususnya mengenai pemaksimalan efektifitas media tersebut.
Saya merasa tertantang dengan UTS seperti ini, karena saya dituntut untuk menjadi seorang yang sabar khususnya menunggu, yang merupakan pekerjaan paling membosankan. Selain itu menurut saya metode ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya hemat waktu, efisisensi tenaga, dan dapat dikerjakan dimana saja. Selain itu, baru pertama kali UTS seperti ini, sehingga menjadi pengalaman berharga.
NM : Reza Yoga Pratama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar