Love Me Love You

Senin, 18 Juni 2012

Paedagogi Spiritualitas


Pedoman pemerintah saat ini tentang pendidikan spiritual, spiritualitas hadir dalam terminologi rasa kagum dan heran dalam menghadapi misteri eksistensi. Jack Priestley merupakan pemikiran arus utama dalam pendidikan seperti ketika ia mencatat bahwa kesadaran spiritual memanifestasikan dirinya pertama-tama dalam seluruh perasaan dan emosi yang mana hal itu harus diterjemahkan ke dalam pikiran jika ingin dibicarakan semuanya (1985, hal. 114). Sementara itu komitmen terhadap pentingnya kepekaan spiritual adalah kecenderungan untuk menyajikan pengalaman spiritual sebagai fenomena yang jauh lebih luas daripada pengalaman religius. Pendidikan spiritual telah menerima ‘perlunya untuk beralih ke model spiritualitas manusia yang lebih holistik, yang melihatnya sebagai sesuatu yang lebih besar daripada agama individu’ (Hay dan Nye, 1998, hal. 53). Ada sedikit keraguan bahwa kepentingan psikologis dalam pengalaman spiritual membawa bobot jauh lebih besar dari refleksi filosofis dan religius dalam memberikan petunjuk untuk kebijakan pendidikan dan praktik saat ini.

Penelitian empiris ke dalam pengalaman spiritual anak-anak adalah tambahan yang relatif baru terhadap tradisi yang berdiri lama dari eksplorasi ilmiah pengalaman religius orang dewasa. Eksplorasi spiritualitas anak dan remaja telah berkembang dalam dua puluh lima tahun terakhir, dan isi  literatur penelitian berkembang dengan cepat, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Tugas ini adalah untuk meninjau penelitian dan mengidentifikasi beberapa kesimpulan utamanya. Dalam ruang yang tersedia maka perlu sangat selektif, dan survei yang lebih komprehensif yang tersedia untuk mereka yang ingin mengeksplorasi masalah yang diangkat secara lebih rinci. Bab ini dimulai dengan latar belakang sketsa untuk penelitian sebelum menawarkan survei singkat dari penyelidikan kunci kepada spiritualitas anak-anak sejak pertengahan 1960-an. Perhatian kemudian berubah menjadi dua proyek penelitian besar yang memiliki dampak signifikan pada pedagogi spiritual dalam beberapa tahun terakhir: Proyek Spiritualitas Anak, berbasis di Universitas Nottingham di bawah arahan David Hay, dan Proyek Anak-anak serta pandangan dunia yang berbasis di Institut Pendidikan Tinggi Chichester di bawah pimpinan Erricker Clive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar