Love Me Love You

Kamis, 21 Juni 2012

Evaluasi Kinerja MK. Paedagogi


Diam itu Emas, Tapi Bicara itu Berlian
Diam itu Bukan Indikasi Tidak Aktif, Melainkan Persiapan Senjata
Reza Yoga Pratama
Dalam waktu satu semester ini, sudah banyak yang saya dapat dari mata kuliah Paedagogi. Nah, kini saat nya memberikan evaluasi terhadap mata kuliah ini. Bagaimana mata kuliah itu sendiri, bagaimana kegiatannya, bahkan bagaimana dengan dosennya sendiri. Semua hal tersebut akan di bahas di dalam evaluasi ini.

Kesan selama mengikuti perkuliahan Pedagogi sangat bermacam-macam. Pertama kali masuk ke kelas ini saya sendiri memiliki gambaran bahwa kelas ini akan membosankan. Mengapa? Karena saya memandang segala sesuatu yang berhubungan dengan anak pasti akan sangat membosankan. Saya meramalkan bahwa di kelas ini akan di penuhi teori-teori yang sangat menyuntukkan. Ternyata gambaran saya selama ini salah. Kelas Pedagogi tidak seperti itu. Kelas ini tidak terlalu membosankan. Pertama, kelas ini menggunakan prinsip pendidikan yang sudah maju, mahasiswa dibiarkan mencari kebenaran sedangkan dosen menjadi fasilitator. Selain itu, kelas ini menggunakan media terknologi internet, misalnya pembuatan blog ini. Hal ini sangat menyenangkan bagi saya, karena saya sendiri adalah orang yang suka berkecimpung dalam urusan blog. Di tambah lagi penerapan yang sesuai dengan kehidupan mahasiswa.
Pesan saya untuk hal ini, banyak orang yang mengatakan bahwa blog sangat menyusahkan perkuliahan dan bahkan membuat tertekan. Tapi menurut saya, jangan hilangkan pembuatan Blog tersebut. Blog tersebut merupakan salah satu pembeda mata kuliah ini dengan mata kuliah yang lain. Selain itu, penggunaan blog secara tak langsung akan membantu pemahaman manusia dalam bidang IT. Blog tersebut merupakan sesuatu yang menarik, dan jika ada yang mengeluh mengenai hal itu, bukan karena penggunaan blog tersebut yang salah, melainkan orang yang mengeluh mengenai hal tersebut. Prinsip-prinsip yang ada dalam mata kuliah ini saya rasa tetap dipertahankan, karena menurut saya sendiri hal itu merupakan hal yang membangun mahasiswa untuk aktif tanpa bantuan orang lain, melainkan aktif dari diri sendiri.
Reza Yoga Pratama
Bagaimana dengan dosen perkuliahan? Bu dosen tergolong dosen yang sangat akrab dengan mahasiswa dan memperhatikan kebutuhan mahasiswa. Enak diajak untuk bekerja sama, walaupun kadang-kdang ibu ini suka marah. Hahhahaha. Tapi selain itu, Dosen pengampu MK ini tidak terlalu menekankan untuk hafal teori tetapi mengerti dan mampu menerapkan dalam kehidupan. Sungguh sesuatu yang berbeda dari biasanya.
            Semuua hal diatas merupakan sisi positif dari mata kuliah tersebut. Bagaimana sisi negatifnya??? Sebenarnya yang membuat negative pertama sekali bukan dari MK ini sendiri, melainkan sarana yang dipakai. Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah dengan system online. Tetapi tidak ada sarana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan ini. WI-FI sering tidak dapat digunakan sama sekali, sehingga menghambat jalannya proses perkuliahan ini. Sisi negative yang lain adalah mungkin pada dosennya juga. Bu Dosen sering marah ketika mahasiswa tidak menjawab. Bu langsung menarik kesimpulan bahwa mahasiswa tidak aktif. Hal tersebut yang ingin saya evaluasi. “Diam Tidak Selamanya Tidak Aktif, Kadangkala Diam Merupakan Persiapan Membuat Senjata”. Jadi mahasiswa jika diam, bukan berarti tidak peduli, melainkan sedang mencari ide untuk membuat jawaban, atau memang tidak mengerti dengan maksud pertanyaan. Jadi menurut saya, hal tersebut perlu di evaluasi. Selain itu, dalam perkuliahan ini sering di gunakan system random. Sebenarnya saya kurang setuju dengan hal itu, sebelum membuat metode random seharusnya di Tanya terlebih dahulu mahasiswa yang mau tampil. Saya mengatakan hal itu karena saya sering sekali kehilangan kesempatan untuk tampil di depan. Nah selanjutnya, dalam perkuliahan ini kadang ada satu subjek yang tanggung yang membuat mahasiswa penasaran, tetapi tak tercapai. Misalnya ketika pengenalan Sheet (kelupaan namanya……). Harapannya, dalam pemberian materi yang seperti ini seharusnya membuat kebutuhan mahasiswa terpenuhi. Termasuk saya, karena saya tergolong mahasiswa yang mempunyai rasa penasaran yang tinggi.
Sekian evaluasi buat hari ini, sampai berjumpa lagi di Metode Blogger Berikutnya.

SALAM PAEDAGOGI
REZA YOGA PRATAMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar